IKATAN KELUARGA ALUMNI STAIC
IKATAN KELUARGA ALUMNI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM CIREBON (IKASTAIC)
Eksistensi Ikatan Alumni
Ikatan Alumni merupakan
salah satu sektor yang dapat mendukung peningkatan mutu pendidikan almamater
asal. Informasi peluang kerja, Informasi kerja sama, pelatihan dan
ketrampilan mahasiswa dapat di bantu dengan keberadaan alumni. Mungkin
ada yang bertanya, penguatan sebuah organisasi ikatan alumni ini merupakan
tugas siapa dan kewajiban siapa, karena effect positif sangatlah jelas bahwa
kampus dan jurusan merupakan penikmat keberadaan organisasi ini. Bohong
Jika Ikatan Alumni tidak ada gunanya bagi kemajuan institusi Perguruan Tinggi asal.
Mutu mengandung makna derajat atau tingkat keunggulan suatu hasil kerja atau upaya (produk), baik berupa barang atau jasa/layanan. Dalam konteks pendidikan, upaya peningkatan mutu dapat mengacu pada dua hal, yaitu; “proses pendidikan” dan “hasil pendidikan”. “Proses pendidikan” meliputi aspek pelaksanaan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), penciptaan suasana kondusif, pemberian layanan, bahan ajar, metodologi, sarana pra sarana, dukungan administrasi dan sumber daya lainnya. “Hasil belajar” meliputi aspek prestasi yang dicapai sekolah (baik intra maupun ekstra), suasana disiplin, keakraban, kekeluargaan, kenyamanan, kebersihan dan lain-lain. Upaya peningkatan mutu tidak bisa dibebankan sepenuhnya pada kampus. Memang kampus adalah ujung tombak dan pemilik kuasa terbesar dalam peningkatan mutu ini.
Karenanya, diperlukan
kemandirian, kemauan kuat, dan kerja keras bagi institusi untuk meningkatkan
mutu pendidikannya. Peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan dukungan
stakeholder. keberadaan alumni merupakan dukungan yang mutlak dalam peningkatan
sekolah atau kampus. Keberadaan Alumni yang berprestasi merupakan acuan bagi
orang tua calon mahasiswa dalam menentukan bimbingan kepada anak anaknya dalam
memilih studi bagi anak anaknya, sehinggga sangatlah berarti bagi sekolah untuk
menghimpun keberadaan alumninya masing masing.
STRUKTUR PENGURUS IKASTAIC
PERIODE 2019-2024
Leave a Comment